YAKIN BISA TAHU HARGA POKOK PRODUKMU ?

 

 

Penulis sempat berdiskusi dengan mahasiswa beberapa mahasiswa yang mencoba untuk memulai mandiri, dengan membuka bisnis sendiri. Penulis sangat menghargai itu, generasi muda yang kreatif dan mandiri. Tapi ada hal yang penulis perhatikan, ada beberapa kelemahan mereka dalam memulai bisnis, dan semoga ini juga tidak menjadi kelemahan pembaca yang juga mencoba memulai bisnis baru. Salah satu kelemahan tersebut adalah menghitung atau menentukan harga pokok pruduk yang akan mereka jual. Menentukan harga pokok produk adalah untuk mengetahui berapa total biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut dan dasar dalam menentukan berapa harga produk yang akan dijual tersebut.

Fungsi pertama adalah untuk mengetahui berapa total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut. Dengan mengetahui berapa total biaya tersebut, kita akan dapat menentukan berapa harga minimal dari produk tersebut, sehingga kita akan terhindar dari kerugian karena menjual produk dibawah harga pokok atau dibawah total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang tersebut.

Fungsi yang kedua adalah sebagai dasar dalam menentukan harga jual. Untuk menentukan berapa harga jual produk tersebut, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu harga pokok, biaya penjualan, dan keuntungan.

Selain bahan baku atau bahan utama, ada juga bahan pendukung, dan biaya overhead ( biaya listrik dan tenaga kerja di bagian produksi ). Misal usaha ayam geprek, bahan baku utamanya adalah ayam, bahan baku pendukung tentunya bumbu-bumbu untuk membuat ayam tersebut, semisal Lombok,dll. Ditambah biaya listrik ( atau biaya gas untuk menggorengnya ) dan biaya tukang masaknya. Setelah itu baru masukkan biaya penjualan dan keuntungan yang Anda inginkan.

Info lebih lanjut dan konsultasi hub : 024.7663.1812